1. Visi & Misi Usaha
·
Visi
Perusahaan (Vision of Business) :
Menjadi usaha terbaik
penyedia kost-kost-an , yang mengutamakan pelayanan dan kenyamanan
yang memuaskan bagi penghuni kost.
· Misi Perusahaan (Mission of Business) :
1. Menerapkan
langkah-langkah promosi strategis untuk mengenalkan perusahaan kepada
penghuni/konsumen
2. Menyediakan
tempat penghuni kost yang nyaman dan aman.
3. Memberikan
pelayanan servis yang terbaik kepada penghuni kost
4. Selalu berkomitmen
untuk menjaga kepercayaan penghuni kost.
2. ASPEK PEMASARAN
2.1 Gambaran
Umum Pasar ( STP )
Segmen pasarnya adalah karyawati perkantoran yang bekerja
di daerah sekitar Jakarta dengan penghasilan menengah ke atas.
Target
Pasar/Target Market adalah lebih kepada pekerja karyawati khususnya yang
bekerja di daerah sekitar segitiga emas Jakarta yakni daerah Sudirman,
Kuningan, Thamrin.
Positioning adalah
Busur residence merupakan tempat kost di daerah
karet setiabudi yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan dan satu-satunya
tempat kost didukung dengan fasilitas smart TV internet 32 inci full HD 500
mbps per kamar dan akses internet WI FI atau hot spot dilengkapi dengan sistem
keamanan dengan CCTV dan security 24 jam serta home lift.
2.2. Permintaan (Demand)
Permintaan orang/pekerja
terhadap kebutuhan tempat
tinggal kost tidak terbatas, Ini terbukti dari sejumlah rumah kost di daerah sini
selalu penuh seiring
dengan perkembangan pertumbuhan bisnis dan jumlah pekerja.
2.3. Penawaran (Supply)
Jumlah kamar yang ditawarkan disini memiliki kapasitas 16
kamar dengan harga setara dengan kompetitor sejenis. Namun fasilitas yang kami miliki
seperti Internet TV amart LED 32 inci dengan kapasitas 500 mbps per kamar dan
akses internet Wireless (WI FI) menjadikan penghuni merasa nyaman
menggunakannya.
2.4. Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Produk yang kami tawarkan adalah tempat
tinggal kost dengan dukungan fasilitas seperti hotel berbintang dengan dukungan akses
internet dedicated WI FI dan TV
internet, tingkat keamanan 24 jam yang didukung oleh pos security dan 16 kamera
CCTV dan parkir basement motor.
2.5. Pangsa Pasar
Pangsa pasar kami adalah membidik kalangan menengah keatas
para karyawati, executive dengan penghasilan besar khususnya yang bekerja di daerah segitiga emas ini.
2.6. Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi Pemasaran Perusahaan
dilakukan berdasarkan analisa 5 P dengan alat analisis SWOT
menurut Kottler yang terdiri atas :
2.6.1. Product
Produk usaha yang kami tawarkan cukup menarik dan berbeda dengan usaha
sejenis (kompetitor) berdasarkan dukungan kualitas fasilitas yang dimiliki, desain kamar/ruangan yang moderen
dan tata letak/lay out yang baik, harga yang kompetitip dan dukungan keamanan 24 jam
dilengkapai dengan kamera CCTV dan security 24 jam dibandingkan pesaing/kompetitor.
2.6.2. Price
Kos-kosan kami berbeda dibanding
dengan kos-kostan yang ada disekitar sini, karena didukung oleh fasilitas internet
WI FI dan TV internet 500 mbps per kamar dan TV smart LED 32 inci HD teknologi mengurangi
dampak buffering dengan tingkat keamanan yang cukup baik, home lift. Konsumen
kami diperuntukkan khususnya untuk karyawati dan career persons dengan suasana yang nyaman
dan aman serta didukung fasilitas yang lengkap. Tarif harga yang ditawarkan kompetitip mengutamakan kualitas fasilitas
yang cukup sesuai kebutuhan. Harga belum termasuk
biaya listrik untuk penambahan
perangkat elektronik lain seperti
komputer, dispenser dll.
2.6.3. Promotion
Strategi mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal
oleh konsumen melalui beberapa cara :
·
Advertising (Iklan)
Promosi iklan yang kami lakukan melalui : cukup melalui informasi,
website (online), dan melalui mulut ke mulut (offline), dll.
·
Sales Promotion
Promosi produk yang ditawarkan cukup
sederhana, umumnya mereka langsung datang ke tempat berdasarkan informasi dari
mulut ke mulut (offline) dan langsung melihat kamar dan fasilitas yang
ditawarkan.
·
Personal Selling
Calon penghuni kost datang langsung ke tempat kost dan
bertemu dengan petugas/pengelola dan diberi penjelasan tentang harga dan
fasilitas yang dimiliki.
·
Public Relation
Secara otomatis para penghuni kost yang ada baik secara
langsung/tidak langsung akan menjelaskan fasilitas yang ada dan perbandingannya
dengan kost yang lain berdasarkan informasi dari para penghuni kost
2.6.4. People
Sumber daya manusia (SDM) yang ada tidak memerlukan
pendidikan yang tinggi dengan dibekali pengetahuan produk knowledge yang cukup
sederhana (simple) akan fasilitas yang dimiliki serta sklill dalam melayani.
2.6.5. Process
Proses layanan servis dari petugas/pengelola yang memadai
didukung dengan teknisi yang berpengalaman dalam maintenance fasilitas
peralatan yang tersedia dan tenaga kebersihan dalam dan luar.
SWOT Analysis
2.6.6. Strength
- Fasilitas
yang disediakan merupakan salah satu yang pertama disini;
- Dukungan
Website usaha sebagai media promosi;
- Fasilitas TV internet dan parabola 20 channel dan akses internet
WI FI 500 mbps per kamar;
- Kemudahan akses ke kamar didukung home lift
- Dukungan
security system dng kamera CCTV dan security menjadikan penghuni merasa nyaman;
- Harga produk yang ditawarkan cukup bersaing/kompetitip.
2.6.7. Weakness
- Lokasi usaha tidak memilik lahan yang luas;
- Investasi lahan cukup mahal;
- Sumber daya manusia (SDM) pengelola dengan
pendidikan cukup memadai dari segi kualifikasi dan skills.
2.6.8. Opportunity
- Peluang pasar kelas atas masih terbuka
didukung lokasi strategis daerah perkantoran segitiga emas;
- Lokasi
usaha mudah dan strategis di daerah pusat perkantoran segitiga emas;
- Tingkat
pengembalian investasi cepat kembali;
- Bisnis
ini marketable sebagai cashflow kepentingan Bank.
2.6.9. Threat
- Putusnya jaringan internet/tidak stabil;
- Munculnya beberpa kompetitor sejenis;
- Salah persepsi antara pihak calon penyewa/penghuni
tentang informasi yang diberikan;
- Terjadi miss komunikasi antara pihak pengelola
kost2an dan penghuni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar